Rental Motor Bali
SHARE :

Tempat Hiking Di Bali Paling Top

5
12/2018
Kategori : Info Bali
Komentar : 0 komentar
Author : xrental


Selama ini, Bali memang lebih terkenal dengan wisata pantai serta pertunjukan seni budaya nya yang sudah mendunia, tapi apakah kamu kepikiran kalau Bali juga punya beberapa gunung yang bisa didaki? Tempat hiking Di bali tidak kalah top nya dong dengan gunung-gunung seperti gunung Arjuna, Lawu, dll.

Para pendaki gunung kini bisa menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan untuk mendaki. Karena di sana juga ada beberapa gunung yang bisa dijadikan objek pendakian. Meski Gunung-gunung yang ada di Bali memang tidak seterkenal seperti Gunung Rinjani di Lombok, tapi sebagaimana pada umumnya, gunung-gunung yang ada di Bali juga mampu membuat kita lebih dekat kepada Sang Pencipta. Jika kamu berniat menjelajahi gunung-gunung di Bali dalam waktu dekat ini, berikut ini ada 7 gunung yang bisa kamu jadikan objek pendakian

Tempat Hiking Di Bali Paling Top Untuk Kamu Yang Hobi Mendaki

1. Gunung Agung

Gunung Agung menjadi gunung wajib yang harus kamu daki terlebih dulu sebelum mendaki gunung-gunung lain di Bali. Gunung tertinggi di Bali ini berada di kecamatan Rendang, kabupaten Karangasem. Gunung yang memiliki tinggi 3.031 mdpl ini merupakan salah satu gunung terpenting bagi umat Hindu di Bali. Mereka percaya bahwa gunung ini adalah istana para dewa.

Untuk menuju ke Gunung Agung, jalur yang digunakan sama dengan jalur menuju ke Pura Besakih. Dari puncak gunung Anda akan berhadapan dengan Gunung Rinjani yang terdapat di Lombok. Waktu terbaik untuk mendaki gunung ini adalah bulan Agustus. Selain itu, untuk mencegah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menggunakan jasa pengantar.

2. Gunung Batur

Gunung Batur berada satu kawasan dengan Danau Batur. Gunung ini memiliki ketinggian hanya 1.717 mdpl. Namun, kita tetap bisa menyaksikan keindahan dari ketinggian melalui gunung ini. Banyak wisatawan yang datang ke gunung ini hanya untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit dari ketinggian.

Untuk mencapai kawasan Gunung Batur, terdapat dua jalur pendakian yang paling terkenal yaitu Pura Jati dan Toya Bungkah. Setelah Anda lelah mendaki, Anda perlu melewati kawasan Kintamani untuk berwisata. Tetapi jangan sampai ketinggalan juga untuk berendam air hangat di danau Batur lalu mengunjungi desa Trunyan yang sangat terkenal akan budayanya. Di titik tertentu Anda juga dapat menemukan jalur yang sudah diaspal sehingga lebih memudahkan mencapai puncaknya.

3. Gunung Batukaru

Gunung Batukaru merupakan gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung dengan tinggi 2.276 mdpl. Menariknya lagi, ketika Anda mencapai puncak, Anda akan menemui Pura Puncak Kedaton yang menjadi pura tertinggi di pulau Bali. Selain itu, gunung ini pun memiliki keunikan pada kawahnya yang berbentuk seperti batok terbalik. Dari keunikan tersebut pula nama Batukaru ini berasal.

Perjalanan menuju Gunung Batukaru akan melewati kawasan Bedugul yang masih masuk wilayah Tabanan. Sedangkan untuk mencapai puncaknya Anda memerlukan waktu 3-4 jam untuk sampai. Tiga jalur utama menuju puncak tersedia yaitu melewati Desa Jatiluwih (840 mdpl), Pura Batukaru (835 mdpl) dan sisi barat laut Desa Pujungan (1.090 mdpl).

4. Gunung Catur aka Puncak Mangu

Gunung yang satu ini berada di daerah Bedugul. Selain dikenal dengan Puncak Mangu, gunung ini juga dikenal dengan Gunung Catur. Gunung Mangu ini dikelilingi dengan Danau Beratan dan Danau Buyan dengan memiliki tinggi 2.096 mdpl. Di puncak, terdapat sebuah pura yakni Pura Pucak Mangu. Di Pura ini juga terdapat nilai sejarah dari raja dari kerajaan Mengwi. Saat mendaki gunung ini mungkin kamu akan bertemu dengan umat Hindu yang hendak beribadah di pura tersebut.

Ada dua jalur pendakian ke gunung ini yakni melalui Bedugul, 1.220 mdpl (jalur tanah dan hutan rapat) dengan membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam untuk mencapai titik tertingginya dan Petang 1.330 mdpl (jalur semen dan batu padas, jalan tol bagi pendaki, cukup 45 menit sampai puncak) yang dapat ditempuh dalam waktu 45 menit saja.

5. Gunung Lesung

Walau tingginya hanya 1.865 mdpl, tapi kita masih bisa menikmati sensasi pendakian di gunung yang berada di sebelah selatan Danau Tamblingan ini. Gunung Lesung juga menjadi salah satu objek pendakian yang menarik. Di beberapa titik gunung ini kita akan menemukan patung-patung tua lengkap dengan sesajennya. Gunung ini memiliki sebuah kawah yang besar. Ada mitos yang menyebutkan bahwa di dasar kawah tersebut hidup kawanan menjangan. Track menuju puncak gunung merupakan area vegetasi yang cukup lembab. Seperti beberapa gunung sebelumnya, di puncak Gunung Lesung kita juga akan menemukan sebuah pura. Jalur pendakian gunung ini terdapat di desa Tamblingan.

6. Gunung Abang

Bagi kalian yang minat hiking plus camping, Gunung Abang patut dicoba karena jalurnya yang cukup menantang. Gunung yang berada di Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli ini terletak di sebelah tenggara Gunung Batur dan dibatasi oleh danau terluas di pulau Bali yaitu danau Batur. Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Bali setelah gunung Agung dan gunung Batukaru.

Gunung Abang sendiri sebenarnya merupakan bagian dari pematang kaldera gunung Batur yang tercipta dari letusan dasyat gunung Batur di jaman purba. Puncak gunung Abang menjadi titik tertinggi yaitu mencapai 2152 mdpl, lebih tinggi dari gunung Batur sendiri yang hanya 1717 mdpl. Ada dua jalur pendakian gunung Abang, yaitu dari desa Suter dan dari desa Songan yang orang bilang jalurnya lebih panjang.

7. Bukit Asah, Karangasem

Tempat ini berada pada dataran tinggi yang jauh dari pemukiman penduduk. Sehingga anda bisa melihat pemandangan disekitarnya dengan sempurna dan menjadi tempat tenang dan damai. Tempat ini cocok bagi anda bagi anda yang ingin mengobati kejenuhan. Seperti namanya bukit Asah berarti perbukitan datar, yang mana di atas perbukitan ada tempat datar, menyuguhkan pemandangan yang membuat anda berdecak kagum, selain itu dataran bisa menjadi tempat ideal untuk kegiatan berkemah.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar